(Discord) Blacksmith Era Medieval

 

Dalam obrolan di discord Hannepin kami membahas mengenai blacksmith atau pandai besi di era abad pertengahan secara umum. Terdapat beberapa hal yang cukup menarik untuk dibahas antara lain:

Tidak semua pandai besi bisa membuat senjata. Jika kita penah main gim RPG tentu terdapat NPC yang bekerja sebagai pandai besi. Mereka dapat membuat berbagai macam senjata. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena pada umumnya pandai besi di era itu membuat perlengkapan sehari-hari. Barang yang mereka buat misalnya cangkul, arit, pisau, bajak, dan sebagainya.

Sebagai gambaran umum, membuat senjata seperti pedang tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Perlu keahlian khusus, bahan khusus, dan pastinya mahal. Sehingga tidak banyak blacksmith yang bisa melakukannya. Hanya penguasa yang mempunyai cukup modal yang mampu membuat senjata tersebut.

Terus siapa yang membuat senjata? Orang yang bisa membuat senjata adalah pandai besi yang dipekerjakan oleh penguasa setempat. Mereka memang spesialis senjata, ahli armor, dll. Dari merekalah senjata-senjata dihasilkan. 

Pandai besi lokal walau tidak banyak umumnya tetap bisa diminta untuk reparasi ringan,  servis karat, ketok magic, dll. Selain itu mereka juga tidak tertarik membuat senjata karena belum tentu ada yang mau membeli senjata buatan mereka. Jadi gambaran bahwa semua pandai besi di era abad pertengahan bisa membuat senjata tidak sepenuhnya benar.

Begitu kira-kira hasil obrolan kami di discord mengenai blacksmith di era abad pertengahan.


sumber foto: https://fineartamerica.com/featured/medieval-blacksmith-shop-lisa-lemmons-powers.html?product=fleece-blanket&blanketType=blanket-coral-50-60

Comments

Popular posts from this blog

(ABBM) Mengapa Yahudi Dikucilkan di Eropa?

Gambaran Perang di Era Kuno