(ABBM) Mengapa Yahudi Dikucilkan di Eropa?

Artikel ini di tulis oleh Berwin pada 09-05-2019

sumber: link


Di masyarakat Eropa umumnya dimasa lampau orang Yahudi dianggap bertanggung jawab atas kematian Yesus Kristus. Oleh sebab itu mereka dibenci oleh orang2x Eropa yang umumnya beragama Kristen.

Lalu orang Yahudi sejak masa Romawi dibuang dari tanah mereka dan atas titah kaisar mereka gak boleh kembali kesana, ada 2 kelompok besar yang dibawa ke utara daerah kekuasaan romawi dan ini yang disebut Yahudi Askhenazi dan umumnya mereka ditempatkan didekat daerah Germania. Yang lain dibawa ke yang paling ujung barat daerah romawi yaitu ke semenanjung Iberia (Spanyol modern) dan mereka disebut Yahudi Sephardi.

So karena gak punya tanah mereka ga bisa hidup dari mengolah tanah karena setiap tanah yg mereka gunakan itu selalu adalah milik orang lain dan jadinya ribut melulu jadi selalu ribut dgn orang lokal.

Karena gak bisa hidup dari mengolah tanah, mereka hidup jadi profesional, semisal mereka jadi pengerajin kayu, pandai besi, arsitek, dll dan yang terakhir adalah pandai emas.

 Akibat kebutuhan dari perdagangan Internasional para pandai emas ini berubah fungsi menjadi bankir dan dimasa itu ada aturan dikerajaan Kristen bahwa mereka gak boleh memungut bunga / riba dan begitu juga di Yahudi bahwa mereka gak boleh memungut riba.

Namun kata2x "diantara sesamanya" diartikan bahwa orang Yahudi dgn orang Yahudi kalo minjemin duit gak boleh pake bunga, begitu juga orang Kristen dgn orang Kristen, tp kalo orang Kristen dgn Yahudi urusannya jadi beda lagi.

 So jadilah sekelompok orang2x Yahudi yg bankir ini menjadi "piaraan" dari para monarki2x di Eropa, merkea jadi kaya menkeu atau bendahara kerajaan gitu dah yang kerjaanya ngurusin duit dan ngebungain duit.

Namun rakyat biasa yg umumnya meminjam duit buat konsumsi ini dan kena beban bunga melihat mereka sebagai rentenir dan ketika ada "revolusi2x"an sering menargetkan orang2x Yahudi karena dianggap lintah darat.

Gak hanya rakyat biasa, bahkan monarki jg ada yang demikian, karena ngutang lalu gak bisa bayar maka orang Yahudinya yang dibunuh2xin biar gak usah bayar hutang.


Begitu jg kalo ada masalah keuangan dinegaranya, orang Yahudi yg dijadikan kambing hitam karena secara apa yang dapat dilihat orang2x Yahudi generaly hidup lebih baik/makmur dibanding orang2x Eropa umumnya, jadi dianggap duitnya / kekayaan negara pada lari kepada mereka walaupun sebenanrya kekayaan negara itu hilang akibat perang./ salah urus dari monarki jg.

Ketika jaman nasionalisme tiba, orang2x Yahudi yg sudah hidup berabad2x dan turun temurun dinegara2x Eropa itu menuntuk persamaan hak karena sampai saat itu umumnya mereka selalu dibedakan, salah satu hal yg membedakan biasanya adalah mereka tidak boleh duduk didalam pemerintahan, tidak bisa mendapatkan jabatan tinggi di militer dan tidak memiliki perwakilan di parlemen.

Tapi tuntutan mereka dilihat kelompok mayoritas "pribumi" eropa saat itu sebagai ancaman dimana orang2x Yahudi ini ingin menguasai negara mereka.

In general orang2x Yahudi karena tidak memiliki tanah untuk diolah, mereka jadi para profesional dan umumnya lebih pandai dalam dunia akademisi dibanding orang Eropa saat itu, mereka jg menguasai jalur2x perdagangan dan ekonomi secara umum sebab yach selama berabad2x mereka gak boleh beli tanah untuk diolah, gak boleh ikut militer, gak boleh terlibat politik dan duduk dalam pemerintahan, so mereka yach bisanya paling cmn jadi pedagang dan ngumpulin duit, bangun usaha dan ketika revolusi industri tiba mereka jadi industrialis menguasai pabrik2x dan ekoniomi in general.

Keturunan mereka gak bisa belajar militer karen gak ada masa depannya, percuma belajar politik karena gak akan mendapatkan tempat dipemerintahan, so mereka yach banyak yg belajar ilmu2x sains dan ekonomi sehingga kelompok Yahudi yg "kurang beruntung" yg gak bisa jadi enterpreneur pada jadi ilmuwan dan profesional2x kaya dokter, insinyur, dll.

Tapi hal ini membuat perbedaan sosial makin ketara antara kelompok Yahudi dan kelompok masyarakat Eropa in general selain perbedaan kultur dan tradisi/agamanya jg perbedaan strata sosialnya mulai terlihat banyak orang2x bahkan dari kelompok aristokrat miskin yang melihat dan merasa bahwa orang2x Yahudi ini seperti mencuri dari mereka dan jadinya disebelin gitu.

 

 

 

Sumber foto:  resplubika.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

(Discord) Blacksmith Era Medieval

Gambaran Perang di Era Kuno